Sabtu, 31 Juli 2010

BERBAGI 

Dalam hidup ini, kita sering mendapatkan pengetahuan dan pengalaman. Pengetahuan dan pengalaman itu bisa kita dapatkan ketika masih sekolah atau pun ketika kita menjalani hidup ini sehari-hari. Sadar atau tidak, ada sesuatu yang kita peroleh. Hanya saja kita tidak bisa selalu merasakannya karena apa yang kita dapati itu mungkin kita anggap kecil dan remeh dan kita anggap tidak bernilai apa.

Kalau kita mau merenung, pengetahuan dan pengalaman yang kita anggap tidak bernilai bagi kita, bisa jadi akan bernilai besar bagi orang lain. Sebagai contoh, kemampuan kita mengajarkan iqro akan sangat bernilai bagi orang-orang di sekitar kita yang tidak bisa baca al-quran. Bila kemampuan itu kita bandingkan dengan orang-orang yang sudah hafizh al-quran tentulah tidak ada apa-apanya.

Pengetahuan dan pengalaman itu akan sangat berguna apabila mampu mengubah orang yang semula tidak tahu menjadi tahu, mengingatkan orang yang selama ini lupa, sehingga bersama-sama kita bisa menuju suatu keadaan yang lebih baik.

Sebuah hadits Rasulullah SAW menyatakan : "Siapa yang mensunnahkan sunnah hasanah maka dia mendapat ganjarannya dan ganjaran orang yang mengamalkannya hingga hari qiyamat. Siapa yang mensunnahkan sunnah sayyi'ah (kejelekan), maka dia mendapatkan ganjaran dan ganjaran orang yang mengamalkannya hingga hari qiyamat."

0 komentar:

Posting Komentar